alexametrics

Tekan Politik Uang, Bentuk Desa Pengawasan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Bawaslu Kabupaten Semarang menunjuk Desa Manggihan, Kecamatan Getasan, sebagai Desa Pengawasan. Langkah tersebut untuk menekan praktik politik uang.  Mendorong partisipasi masyarakat untuk menjadi pengawas dalam Pemilu ataupun Pilkada.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang, Muhammad Talkhis mengatakan, sejauh ini sudah dibentuk empat desa pengawasan. Ke depan pihaknya ingin seluruh desa bisa ikut berpartisipasi.

“Politik uang merupakan virus demokrasi yang harus dikikis karena sudah sedemikian akut dan menjadi budaya. Sehingga kami keliling desa untuk membentuk kebiasaan baru,” katanya usai peluncuran Desa Pengawasan di Desa Manggihan, Selasa (6/4/2021).

Basis pencegahan dari keluarga, lingkungan sosial terdekat diharapkan mampu meredam praktik politik uang.

Baca juga:  Pedagang Pasar Berharap Bantuan APD

Sementara itu Kepala Desa Manggihan, Supriyadi menyambut baik kerja sama yang dilakukan antara Bawaslu dengan Desa Manggihan.

Antusiasme warga cukup tinggi. Namun karena masih masa pandemi kegiatan tersebut hanya dihadiri 20 orang. Selainjutnya akan ditindaklanjuti dengan membentuk Forum Pengawasan Partisipatif Desa Manggihan.

“Tentu kami senang dipercaya oleh Bawaslu menjadi desa pengawas. Semoga dengan begini Desa Manggihan bisa bersih dari politik uang dalam setiap ajang kontestasi pemilu dan pilkada,” harapnya. (ria/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya