alexametrics

Akhir Tahun, Ambarawa Bebas Kawasan Kumuh

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ambarawa – Kawasan Kupang, Ambarawa, menjadi sasaran revitalisasi program Kementerian PUPR, Kota Tanpa Kumuh (Kotaku). Saat ini tahap penataan drainase. Proyek ditarget rampung akhir tahun ini.

Koordinator program Kotaku Kabupaten Semarang Yosep Krido Priyono menyampaikan, anggaran Rp 37 miliar digelontor untuk memperbaiki kawasan kumuh di Ambarawa seluas 30 hektare.

“Ambarawa kan lokasi strategis. Tapi masih punya persoalan seperti banjir, sanitasi air, kebakaran. Makanya harus segera kita selesaikan,” jelasnya.

Perencaan proyek dan sosialisasi telah dilakukan dari 2017 hingga 2020. Saat ini pada tahap inti pekerjaan fisik. Lokasi kumuh yang dibangun tersebar di Kelurahan Kupang RW 06, 07, 08. Termasuk kawasan Pasar Projo Ambarawa kurang lebih seluas 19 hektare.

Baca juga:  PT KAI Terapkan Aturan Sewa untuk Warga Temenggungan

Proyek yang dikerjakan PT Jaya Sempurna Sakti itu direncanakan selesai pada November tahun ini.

Menurut Yoseph, pembangunan mengutamakan drainase, jalur pedestarian dan street furniture. Selain itu, pihaknya juga akan menambah kawasan Ruang Terbuka Hijau di belakang Pasar Projo.

Kepala Kelurahan Kupang Sugeng Setiyono merespon baik rencana pemerintah tersebut. “Ya kita kan juga tentram kalau kawasan sekitar bisa tertib, bersih dan asri. Kaya di Salatiga gitu lo, adem lihatnya,” tandasnya. (cr1/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya