alexametrics

Awas! 15 CCTV Siap Pelototi Pelanggar Lalu Lintas di Kabupaten Semarang

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sebanyak 15 kamera Closed-Circuit Television (CCTV) telah dipasang di titik strategis wilayah Kabupaten Semarang. Fasilitas tersebut untuk mendukung penerapan sistem Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLE) dalam menindak pelanggar lalu lintas. Sanksinya pun cukup tegas. Bagi pelanggar yang tidak membayar denda tilang, maka data kendaraan bakal diblokir.

Kasat Lantas Polres Semarang AKP Muhammad Adiel Aristo menjelaskan, pihaknya akan melakukan ujicoba ETLE di dekat SMK Assalamah Ungaran, di Alun-Alun Lama Ungaran dan perempatan Polsek Bergas. Bagi pelanggar akan dikirim blanko pelanggaran pada Samsat sesuai data kendaraan tercatat. “Tagihan tilang dapat dibayarkan melalui BRI. Jika pelanggar enggan membayar denda, data kendaraan bakal diblokir,” tegasnya Senin (15/2/2021).

Baca juga:  Rumah Pribadi Gatot Subroto di Ungaran Disulap Jadi Museum

“Sekarang kami sedang melakukan sosialisasi selama satu bulan. Dishub Kabupaten Semarang juga akan menambah kamera CCTV pada lokasi lain dekat Terminal Sisemut. Ini tentu sangat membantu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, batas pembayaran tilang tidak berlaku tetapi batas jadwal persidangan maksimal dua minggu. Jika ada klaim barang bukti kendaraan sudah dipindah kepemilikan dapat disampaikan melalui persidangan.“Melalui aplikasi Asiap yang kami buat, petugas tidak harus kontak dengan pelanggar, harapannya tidak ada penyimpangan,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang Rudibdo menambahkan, CCTV memang penting. Terutama guna mengecek kondisi arus lalu lintas. “Ada penambahan nanti di titik-titik yang belum ada,” tandasnya. (ria/zal)

 

Baca juga:  19 Kecamatan Disemprot Disinfektan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya