alexametrics

Buat Pondasi Rumah, Temukan Arca Resi Agastya Abad 8

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Sebuah situs kuno yang diyakini arca Agastya ditemukan warga Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan. Arca tersebut ditemukan pekerja bangunan saat menggali pondasi untuk rumah Faisal.

Ketua Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kabupaten Semarang Tri Subekso mengatakan, pihaknya langsung menuju lokasi setelah mendapat informasi dari warga. Setelah dicek, pihaknya menyimpulkan temuan itu merupakan arca Agastya. Menggambarkan sosok Resi atau Brahmana, atau Pertapa yang disucikan pada zamannya.

“Namun sayang bagian wajahnya sudah aus atau rusak. Tapi kondisi semuanya masih bagus sekali. Kalau berbicara usia itu dimungkinkan dari abad delapan hingga 10 masehi,” ungkapnya ketika dikonfirmasi Kamis (4/2/2021).

Tinggi arca tersebut 49 cm dan lebar sekitar 28 cm. Diketahui juga dari atribut kedewaan yang terdapat pada relief diyakini perwujudan dari penganut Dewa Siwa. Sosok yang memiliki kedudukan spiritual tinggi. Arca tersebut biasanya terletak di bagian selatan candi. Sebelumnya, lokasi lain di Desa Sidomukti juga pernah ditemukan sejumlah arca dan punden. Diperkirakan wilayah desa ini dulunya merupakan pusat percandian dan pertirtaan pada masa Hindu-Budha.

Baca juga:  Rem Blong, Kontainer Sasak Dump Truk dan Motor, Satu Tewas

“Pihak desa menginginkan temuan tersebut dilestarikan oleh warga. Tadi warga sepakat akan dibuatkan museum desa. Tentu ini langkah yang bagus. Sehingga nantinya jika ditemukan lagi bisa menjadi nilai sejarah yang unik,” terangnya. (ria/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya