alexametrics

Bawaslu Kabupaten Semarang Temukan 2.500 Data Bermasalah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Bawaslu Kabupaten Semarang masih menemukan 2.500 daftar pemilih bermasalah. Di antaranya, 947 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS), potensi pemilih ganda 1.328 orang dan pemilih yang telah memenuhi syarat (MS) namun belum tercantum sebanyak 225 orang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Mohammad Talkhis mengatakan, jumlah pemilih TMS tersebut diantaranya 574 meninggal, pindah domisili 341, berstatus TNI 2 dan di bawah umur 18 orang.

“Saran perbaikan tersebut sebagian besar sudah ditindaklanjuti oleh KPU, namun ada beberapa data yang tidak bisa ditindaklanjuti. Misalnya yang kita sarankan untuk dicoret karena meninggal, ternyata ada empat yang masih hidup,” ungkapnya Rabu (7/10/2020).

Ia menjelaskan, data-data hasil pengawasan dan analisa DPS tersebut telah diverifikasi dengan ketat secara berjenjang. Namun diakui, masih ada jajaran yang kurang cermat. Meski prosentasenya sangat kecil, nol koma nol sekian persen, pihaknya tetap menyampaikan teguran keras.

Baca juga:  Terminal Bawen Buka Posko Pelayanan Mudik

“Maka kami meminta masyarakat dan juga paslon ikut mengawasi dan mencermati daftar pemilih ini. Paslon juga harus memastikan para pendukungnya telah terdaftar, sehingga bisa menggunakan haknya pada tanggal 9 Desember mendatang,” pungkasnya. (ria/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya