alexametrics

Mudahkan Hasil Swab, Usulkan Mobil PCR

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pemerintah Kabupaten Semarang meminta bantuan unit mobil PCR pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

“Selama ini kita mengirimkan spesimen ke RSUP Kariadi Semarang untuk diuji. Butuh waktu seminggu untuk mengetahui status pasien. Cukup lama,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang Ani Raharjo saat bertemu langsung staf ahli Menteri Kesehatan Jajang Edi Priyatno Rabu (30/9/2020).

Ani menekankan, dengan unit pengujian mandiri, tentunya memperluas jangkauan tes Covid-19 di wilayah Kabupaten Semarang. Tak hanya itu, waktu pengungkapan status pasien lebih cepat.

Pihaknya juga mengeluhkan, saat ini Kabupaten Semarang baru bisa mengirimkan 33 persen dari total 177 unit spesimen uji swab yang ditentukan Pemprov Jateng. Luasnya wilayah, keterbatasan alat penguji dan penyampaian hasil uji yang relatif lama menjadi alasan.”Hal ini juga berdampak pada semangat para tenaga kesehatan untuk memenuhi target yang ditentukan Dinkes Jateng,” imbuhnya.

Baca juga:  Stok Elpiji Bersubsidi Aman Selama Ramadan

Sementara itu, staf ahli Menteri Kesehatan Jajang Edi Priyatno mengatakan, usulan mobil PCR akan diteruskan ke P2P dan mendapat prioritas.

Jajang juga mengingatkan Pemkab Semarang untuk menunjuk satu rumah sakit khusus yang menangani pasien Covid-19. Sehingga pasien mendapat penanganan maksimal. Sedangkan pasien non-Covid-19 bisa dirawat di rumah sakit swasta.

“Kami juga sedang menyiapkan bantuan dari Pemerintah Pusat kepada daerah yang mengalami kekurangan tempat isolasi pasien Covid-19 yang tanpa gejala. Kami harap semua daerah bisa bersinergi dengan kami dalam penanganan Covid-19,” terangnya. (ria/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya