alexametrics

159 Kasus Bencana, Didominasi Kebakaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Hingga kini ada 159 kasus bencana Kabupaten Semarang. Berdasar catatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kasus didominasi bencana kebakaran rumah dan lahan.

Kepala Pelaksana Harian Badan BPBD Kabupaten Semarang Heru Subroto mengungkapkan, dibanding tahun lalu dengan periode yang sama, kasus turun10 persen. “Hingga saat ini  kasus yang masuk 159 kejadian dan didominasi kebakaran,” ungkapnya usai Apel Siaga Bencana Alam 2020 di lapangan Polres Semarang Rabu (30/9/2020).

Berdasar pemetaan, ada delapan kecamatan yang berpotensi terjadi bencana tanah longsor. Banyubiru, Sumowono, Ambarawa, Getasan, dan Bandungan diungkapkannya wilayah yang tak pernah absen longsor.

Sedangkan kesiapan, pihaknya sudah menyiapkan personel hingga tingkat kecamatan. Termasuk, posko pengungsian.

Baca juga:  Pulihkan Ekonomi, PKK Beri Pendampingan UMKM dan Disabilitas

“Musim penghujan perkirakan awal Oktober mengacu BMKG puncaknya Januari 2021. Untuk tempat pengungsian kami siapkan di balai desa dan aula jika memang dibutuhkan,” lanjutnya.

Sementara itu Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya bencana pihaknya menyiapkan 750 personel gabungan. Mereka akan melakukan pengawasan di wilayah pegunungan dan pemukiman warga.

“Namanya bencana tidak bisa kita prediksikan terjadi kapan dan di mana. Sehingga kami siapkan personel, lengkap dengan alat evakuasi,” terangnya. (ria/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya