Terjaring Razia Masker, Ngaku Bukan ASN

179
Seorang ASN terjaring razia masker di kawasan Benteng Willem II, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang Senin (14/9/2020). (Maria Novena/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kebupaten (Pemkab) Semarang terjaring operasi masker. Lucunya, pelanggar tersebut mengaku bukan ASN. Padahal jelas-jelas berpakaian dinas.

Pj Sekda Kabupaten Semarang Valeanto Soekendro sangat menyayangkan adanya pelanggar protokol kesehatan yang dilakukan ASN. Sebab, ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat.

“Sanksi administratif kami siapkan saat ada ASN yang abai protokol kesehatan. Duh, seharusnya mereka lebih paham tentang aturan,” ujarnya Senin (14/9/2020).

ASN yang mengaku usai makan siang tersebut sempat ngeyel dan mengaku tidak ASN. Namun tidak bisa dielak dari pakaian tertera logo Pemerintah Kabupaten Semarang. ASN tersebut tertangkap basah tak mengenakan masker dengan benar saat sedang menyetir kendaraannya.

Sukendro pun memerintahkan Kepala Satpol PP Kabupaten Semarang untuk melaporkan ASN yang tak patuh protokol kesehatan itu ke pimpinannya.

“Teguran lisan pasti. Untuk sanksi ASN tak patuhi protokol kesehatan yang lebih berat saat ini sedang dirumuskan oleh bupati,” tandasnya. Dalam operasi itu, menjaring 35 orang pelanggar.

Sementara itu, Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono mengatakan, para pelanggar terjaring karena tidak mengenakan masker saat berkendara.

“Operasi ini dilakukan secara rutin. Sampai selesai bisa mencapai 100 orang. Hingga saat ini Kabupaten Semarang masih termasuk zona risiko tinggi korona,” tandasnya. (ria/zal/bas)