Temukan Ratusan Pelanggar di Pasar dan Objek Wisata

211
Satpol PP Kabupaten Semarang gelar sidak masker di sekitaran Pasar Bandarjo Ungaran, Selasa (8/9/2020). (Maria Novena/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pasar dan objek wisata menjadi tempat yang disorot Satpol PP Kabupaten Semarang dalam menegakkan protokol kesehatan. Hasil sidak kemarin, masih ada ratusan pelanggar. Utamanya tidak mengenakan masker.

Kepala Satpol PP Kabupaten Semarang Tajudin Noor mengungkapkan, total ada 221 warga yang melanggar. Sanksi yang diberikan masih bersifat edukatif. Yakni menyanyikan lagu nasional dan mengucapkan Pancasila. pihaknya belum menerapkan denda.

Terpisah Bupati Semarang Mundjirin mengatakan, pihaknya akan memperketatan penerapan protokol kesehatan di berbagai kegiatan. “Selain pasar dan tempat wisata, masjid menjadi target penerapan protokol kesehatan,” ujarnya.

Diakuinya, masjid sebagai tempat berkumpul jamaah. Rentan terjadi penularan virus. Selain itu masih ada takmir masjid yang abai terhadap penerapan protokol kesehatan.

Pihaknya juga menyiapkan 300 botol hand sanitizer dan 180 hand wash yang akan disebar ke 1.300 masjid. “Pastinya masyarakat harus terbiasa. Kita perketat. Ayolah warga tertib jangan ngeyel. Kan demi kepentingan bersama. Operasi masker pun juga,” tegasnya. (ria/zal/bas)