alexametrics

Tempat Ibadah Bebas Biaya IMB

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang membebaskan biaya izin mendirikan bangunan (IMB) tempat ibadah. Saat ini sudah ada 744 tempat ibadah yang diratiskan. Sementara sisanya 346 tempat, masih dalam proses pembebasan.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Valeato Sukendro mengungkapkan, hal tersebut sebagai komitmen pemkab melayani masyarakat. Dikatakannya, sebelum tahun 2006 ada pembangunan tempat ibadah masal. Pastinya dengan hal ini secara legalitas IMB aman.

Sukendro pun menekan persoalan perizinan tidak sulit. Hanya saja memang harus teliti dengan syarat yang berlaku. Perihal perizinan rumah ibadah sudah menjadi program dari Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Semarang.

“Betul yang sudah keluar 744 rumah ibadah. Semuanya gratis. Untuk 346 sisanya masih proses. Karena beberapa masih belum lengkap,” tandasnya.

Baca juga:  Pemkab Semarang Alokasikan Rp 300 Juta untuk Tangani Wabah PMK

Sementara itu Bupati Semarang Mundjirin menegaskan IMB tersebut dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. Sekaligus dapat menghindarkan dari berbagai masalah hukum yang bisa saja terjadi. Ia juga menekankan agar seluruh masyarakat tertib dalam perizinan.

“Jangan sampai orang mau ibadah terhalang perizinan. Saya rasa itu tidak etis. Ya, ini bentuk pelayanan ke masyarakat,” terangnya. (ria/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya