Sisa Api Boiler Hanguskan Pabrik

243
Petugas Damkar Kabupaten Semarang berusaha memadamkan api di pabrik pengolahan kayu PT KSI, Harjosari, Bawen, Jumat (31/7/2020) dini hari. (Maria Novena/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Kebakaran terjadi di pabrik pengolahan kayu sengon kawasan Harjosari, Bawen, Kabupaten Semarang Jumat (31/7/2020) dini hari. Api yang membakar gedung PT KSI baru bisa dipadamkan 1,5 jam kemudian.

Kabid Damkar dan Linmas Satpol PP dan Damkar Kabupaten Semarang Aris Muji Widodo menjelaskan kebakaran terjadi pukul 00.20 WIB. Api berkobar dan cepat membesar. Isi bangunan memang material yang mudah terbakar.

“Awalnya petugas security PT KSI Miftahul Huda yang mengetahui kejadian kebakaran tersebut dan menghubungi kami,” kata Aris.

Pihaknya mengerahkan petugas pos damkar di Ungaran, Ambarawa, dan Bringin. Api akhirnya bisa dipadamkan dengan bantuan para relawan dan personel BPBD Kabupaten Semarang. “Dugaan kami dari percikan api sisa-sisa di ruang boiler yang tak padam secara sempurna,” lanjutnya. Api membesar dan membakar oven produksi kayu sengon.

Petugas damkar dapat menjinakkan api sekitar pukul 02.00 WIB. Tak ada korban jiwa atau luka dalam kejadian tersebut. Untuk kerugian material masih dalam proses penghitungan. (ria/ton/bas)