alexametrics

Gencarkan Patroli Cyber, Medsos ASN Dipantau Tiap Dua Jam  

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Polres Semarang tengah gencar melakukan patroli cyber. Untuk memantau kampanye lewat daring dan media sosial. Termasuk mengawasi ASN (aparatur sipil negara).

Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Muhammad Talkhis mengatakan, dari Bawaslu pusat belum ada perintah terkait pembentukan patroli cyber. Karena sesuai Undang-Undang pilkada tak menyebutkan metode kampanye yang mengatur tentang kampanye daring.

“Melihat situasi seperti ini hingga nanti jelang masa kampanye, pasti salah satu kegiatan Bawaslu patroli cyber. Kami sudah siap jika diberlakukan,” ungkapnya Senin (22/6/2020).

Saat ini pihaknya tengah mengawasi akun media ASN. Teknis patroli medsos, yakni melibatkan seluruh panitia pengawas kecamatan (panwascam). Tiap dua jam sekali semua anggota panwascam dan staf Bawaslu Kabupaten Semarang memantau media sosial. Di awal pandemi lalu, Talkhis mengungkapkan sempat berhenti kegiatan tersebut. Saat ini sudah aktif kembali.

Baca juga:  Aransemen Ulang Lagu ‘Impian’ dengan Sentuhan Orkestra

“Kami sempat menangani dugaan pelanggaran netralitas ASN, setelah diusut tidak terbukti melanggar. Dari persoalan ini kami terus genjarkan patroli medsosnya,” lanjutnya.

Terpisah, Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono menambahkan, pihaknya menyiagakan patroli cyber untuk pengawasan di media sosial jelang Pilkada. Terutama berita hoaks.

“Ada tim patroli cyber sendiri. Kami khususkan untuk Pilkada. Dari peta lalu-lalu menjelang Pilkada ada penyebaran berita hoaks. Nah, kami akan pantau sehingga tidak menimbulkan kekacauan khususnya di Kabupaten Semarang,” tandasnya. (ria/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya