alexametrics

Terapkan Sistem Sehari Sekolah Sehari Dirumah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pembukaan penerimaan siswa baru SMA/SMK Negeri se Jawa Tengah dimulai Rabu (17/6/2020) ini. Kepala SMA 1 Negeri Ungaran Supriyanto mengatakan total siswa yang diterima di sekolahnya berjumlah 396.

Dari data yang ada 50 persen diterima dengan sistem zonasi, lima persen mutasi, 35 persen prestasi. Dengan 11 kelas tujuh MIPA, tiga IPS dan satu bahasa budaya. “Ada yang berbeda memang tahun ini 15 persen untuk afermasi. Didalamnya ada warga miskin, pantiasuhan dan anak dari anggota satgas percepatan penanganan Covid-19,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (16/6/2020).

Secara perhitungan nantinya ada 52 siswa yang masuk berdasarkan jalur afermasi. Pendaftaran penerimaan peserta didik baru dilakukan Rabu (17/6/2020) ini hingga sembilan hari mendatang. Tepatnya hingga tanggal 25 Juni 2020 secara online.

Baca juga:  Serap Ilmu dari Wanita Inspiratif

Secara teknis tidak ada yang berbeda dari tahun sebelumnya. Ia juga mengatakan jika ada orang tua murid yang kesulitan mendaftar online bisa datang ke sekolah. Pihaknya juga sudah mulai melakukan simulasi jika siswa mulai beraktivitas di sekolah. Mulai dari penyediaan 18 tempat cuci tangan, pemisahan siswa dimasing-masing kelas, hingga stop penggunaan AC diganti dengan kipas angin.

“Satu kelas 18 orang. Sistem masuknya nanti kami selingi sehari masuk sehari belajar dari rumah. Protokol kesehatan pasti. Kami juga mencabut penggunaan AC dan membuka seluruh ruang kelas, sehingga cahaya matahari masuk,” lanjutnya.

Hal serupa juga diterapkan di SMK Negeri 1 Pringapus. Seluruh kelas setiap hari akan diseprot disenfektan sebelum siswa masuk dan usai siswa pulang. Pihaknya juga mengatakan SMK 1 Negeri Pringapus menjadi salah satu sekolah percontohan untuk membuat simulasi ketika masuk sekolah. Berbeda dengan SMA. Tahun ini pun SMK khususnya SMK 1 Pringapus tidak memberangkatkan anak didik untuk praktik kerja di industri. “Biasanya tahun ajaran ganjil kami ada kelas praktik di industri luar. Tapi untuk tahun ini kami geser ke semester genap,” timpal Kepala SMK 1 Negeri Pringapus Farida Fahmalatif. (ria/bas)

Baca juga:  Loka Jaya Sembada Dandim Baru Salatiga

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya