Longsor di Tol Ungaran, Evakuasi Butuh Waktu 10 jam

3865

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Hujan deras yang menguyur Kabupaten Semarang sejak Sabtu (30/5/2020) malam hingga Minggu (31/5/2020) dini mengakibatkan longsor di tol Ungaran. Longsor tersebut hingga menutup satu ruas jalan, arus lalu lintas pun ditutup.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang Heru Subroto mengungkapkan longsor terjadi Sabtu (30/5/2020) pukul 23.20. Longsor dengan panjang 20 meter dan lebar 12 meter tersebut tepat di KM 429 tidak jauh dari rest area. Masuk wilayah Desa Susukan, Ungaran Timur, Kabupaten Semarang.

“Kami mendapat laporan dini hari kalau terjadi longsor di tol Ungaran. Kami ke lokasi tanah sudah menutupi ruas jalan dari Solo menuju Semarang,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Untuk membersihkan puing-puing longsor tersebut BPBD mengerahkan dua ekskavator, drum truck, truk tangki air hingga truk pemadam. Diungkapkannya Minggu (31/5/2020) pukul 10.00 material longsor baru selesai dibersihkan.

Kapolres Semarang AKBP Gatot Hendro Hartono menambahkan penanganan arus lalu lintas pengendara yang akan masuk tol Ungaran dialihkan melalui pintu tol Banyumanik. “Kami tutup total untuk sementara sampai jalan steril sehingga tidak membahayakan pengendara,” timpalnya.

Sementara itu Direktur Utama PT Trans Marga Jateng (TMJ) David Wijayatno menjelaskan longsor terjadi kemungkinan karena tanah jenuh dengan air yang terus menguyur. Hal tersebut diimbangi dengan kondisi Kabupaten Semarang yang belakangan sering dilanda hujan deras. Ia juga mengatakan kebetulan jalan tol sedang lengang. “Kejadiannya kebetulan sedang tidak ramai. Sehingga tidak ada penumpukan kendaraan di pintu tol,” ungkapnya.

Sekitar pukul 11.00 jalan tol sudah kembali dibuka. Pihak TMJ pun sedang mengecek kondisi tanah paling atas dan sekitarnya. Guna memastikan aman dan tidak terjadi hal serupa dilain lokasi. “Ini sedang kami dalam dan kami cek kondisi tanah disekitar lokasi. Sehingga tidak merembet ke sebelah-sebelahnya,”pungkasnya. (ria/bas)





Tinggalkan Balasan