alexametrics

PO Bus Mengeluh, Sehari Dapat Dua Penumpang Saja Susah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Kebijakan pemerintah untuk memberi kelonggaran naik angkutan umum antar kota ternyata belum mampu mendongkrak jumlah penumpang.

Hal tersebut dibenarkan oleh Koordinasi Satuan Pelayanan Tipe A Terminal Bawen Kabupaten Semarang Muchamad Rokim. Ia mengatakan sejak Maret terminal Bawen sudah sepi. Bahkan sehari pernah tidak ada penumpang yang turun maupun berangkat.

“Seperti yang dilihat kondisi seperti ini sudah sejak Maret. Memang berbeda dengan tahun lalu yang sehari bisa 5.000 penumpang turun,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Selasa (19/5/2020).

Dari data yang ada bulan Januari hingga Maret masih terpantau hingga 3.000 penumpang. Namun memasuki bulan April dan Mei hanya ada sembilan penumpang turun. Fenomena tersebut dikatakan memang baru kali ini. “Kalau kami justru bersyukur karena masyarakat mematuhi peraturan pemerintah tetapi berbeda dengan armada kendara umum justru merugi,” lanjutnya.

Baca juga:  BBWS Lamban Tangani Sedimentasi Sungai Panjang, Yon Zipur Bantu Normalisasi

Jam operasional bus pun berubah. Khususnya untuk trans Jateng. Sebelumnya sampai pukul 19.00 kini hanya sampai pukul 17.00. Dan dari pukul 11.00 hingga pukul 14.00 bus istirahat.

Salah satu agen PO Ramayana Winarto mengatakan pihaknya selalu menyediakan armada. Misalkan sehari hanya ada dua penumpang pun pihaknya harus tetap berjalan. Meskipun dari pendapatan tidak menutup untuk biaya operasional. “Busnya ada tapi penumpang yang tidak ada. Protokol kesehatan sudah dilakukan, sehari dapet dua penumpang saja susah,”timpalnya.

Ia juga menceritakan menyertakan surat jalan untuk para penumpang yang hendak pergi ke luar kota maupun provinsi menjadi faktor menurunnya penumpang. Tidak semua penumpang bisa mendapatkan persyaratan tersebut. Ia juga menegaskan bis antar provinsi sejak bulan lalu tidak beroperasi. (ria/bas)

Baca juga:  Bhabinkamtibmas Dilengkapi Helm Bogo dan Tas Ransel

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya