alexametrics

Pilkada Digelar Desember, KPU Kabupaten Semarang Siapkan Skenarionya 

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Semarang 2020 diundur hingga 9 Desember 2020. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua KPU Kabupaten Semarang Maskup Asyadi. Ia mengatakan pemerintah dan komisi II DPR RI yang menyetujui. Diundurnya jadwal Pilkada 2020 merubah juga skenario jadwal yang lalu.

“Mengaktifkan petugas PPK dan PPS mulai 30 Mei 2020, coklit pada 4 Juli sampai 2 Agustus 2020, penetapan paslon pada 8 September 2020, masa kampanye mulai 11 September sampai 5 Desember 2020, sampai pemungutan suara 9 Desember 2020,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang, Kamis (7/5/2020).

Pihaknya juga masih menunggu lanjutkan dari Perppu nomor 2 tahun 2020. Meski begitu KPU Kabupaten Semarang menurut Maskup siap jika Pilbup Semarang dilangsungkan Desember. Ia juga menegaskan jika pilkada dilakukan Desember pihaknya akan menyiapkan protokol kesehatan.

Baca juga:  Masuk Zona Merah, Lima Tempat Wisata di Kabupaten Semarang Ditutup

Disinggung terkait dana Pilbup Semarang 2020 jika KPU memutuskan penambahan protokol kesehatan seperti pembelian masker juga tempat cuci tangan, tidak ada kendala dalam anggaran awal. “Kami mengutamakan kesehatan masyarakat Sehingga jika nantinya Pilbub 2020 dilakukan bulan Desember ya harus menggunakan protokol kesehatan sama seperti saat ini,” lanjutnya.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Semarang Muhammad Talkhis menambahkan, hingga saat ini pihaknya tetap melakukan tugasnya. Patroli medsos, menerima laporan masyarakat, dan melakukan pengawasan aktif.

Diundurnya pilkada 2020 juga tidak menjadi permasalahan. Hingga kini pun Bawaslu tengah disibukan sosial media hingga pengawas internal bagi ASN. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kenetralan.

“Untuk Bawaslu sendiri tidak masalah. Kami menunggu putusan dan setelah itu baru bisa melakukan kegiatan jelang Pilkada. Namun memang jika diundur KPU harus mengupdate data pemilih. Itu yang mendasar,” timpalnya. (ria/bas)

Baca juga:  Upayakan Sampah Tuntas di Tempat dengan Magot

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya