Selesai Dibangun, Ini Penampakan Pasar Bandungan Baru

795
Wajah pasar baru Bandungan di Dusun Ngunut Desa Jetis Kecamatan Bandungan, Minggu (29/3/2020). (Maria Novena/Jawa Pos Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Ungaran – Pembangunan Pasar Bandungan baru sudah selesai dan siap dihuni pedagang.

Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskumperindag) Kabupaten Semarang, Heru Cahyono mengatakan saat ini progres pembangunan tinggal penambahan tempat untuk pedagang los. Selebihnya bangunan sudah siap huni.

Usai lebaran diagendakan rutusan pedagang dipindahkan. Lokasi pasar baru tersebut tidak jauh dari pasar lama, sekitar 500 meter.

Pasar yang memiliki luas kurang lebih 1.900 meter persegi ini dibagi menjadi empat bangunan. Daya tampung diperkirakan hingga 500 kios bahkan lebih. Ia juga mengatakan jika kondisi masih belum membaik nantinya pemindahan pedagang akan dilakukan berkala atau dimungkinkan mundur.

“Kita lihat selepas lebaran kondisinya bagaimana. Jika memungkinkan kami akan pindahkan serentak semua. Sesuai data, namun kalau tidak memungkinkan bulannya yang kami undur. Tetapi tetap tahun ini harus selesai memindahkan,” tambahnya.

Sementara itu berkaitan dengan pasokan bahan pokok, Heru menegaskan tiga bulan kedepan aman. Bahkan bahan pokok tidak mengalami lonjakan harga. Sehingga masyarakat Kabupaten Semarang tidak perlu panik. Hanya saja kendala saat ini pedagang pasar sedang alami turun omzet. Bahkan hingga dua kali lipat dari sebelum adanya wabah korona. Dari kejadian tersebut pada pedagang pasar tradisional mendapatkan subsidi dari pemerintah kabupaten. “Kami ada 33 pasar tradisional. Saya rasa bisa memenuhi kebutuhan pokok masyarakat. Tidak usah panik,” lanjutnya.  (ria/bas)





Tinggalkan Balasan