alexametrics

Blangko Terbatas, 9.485 Warga Belum Rekam E-KTP

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Jelang pelaksanaan Pilkada 2020, jumlah blangko E-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Semarang masih kekurangan. Padahal E-KTP merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki pemilik hak suara.

Dari 771.421 data warga Kabupaten Semarang wajib KTP, saat ini terdapat 761.936 sudah melakukan perekaman, sedangkan sisanya warga yang belum melakukan rekam E-KTP sebanyak 9.485. Jumlah tersebut masih terkendala minimnya ketersediaan blanko E-KTP dari pemerintah pusat.

“Terkait dengan blangko kami mendapat jatah 500 keping, itu juga ada kriteria untuk hal-hal yang mendesak, yaitu diperuntukkan bagi masyarakat yang membutuhkan E-KTP untuk kebutuhan mendesak,” ungkap Plt Kepala Dispendukcapil Kabupaten Semarang, Rudi Susanto. Jumat (1/11).

Baca juga:  Layanan E-KTP Kembali Aktif, Sehari Hanya Layani 25 Pemohon

Saat ini jumlah suket (surat keterangan) yang keluar ada 293.083. Untuk jumlah yang sudah di cetak sebanyak 223.965. Ia menambahkan, perihal kekurangan blanko tersebut selain sangat tergantung dengan pusat, saat ini Dispendukcapil Kabupaten Semarang masih menunggu hasil rakornas dalam waktu dekat ini, untuk melakukan langkah selanjutnya.”Sehingga sisanya jumlah PRR atau print ready record ada 26.724 sehingga jumlah tersebut kalau sudah siap akan segera kita cetak,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, beberapa upaya telah di lakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Semarang, jelang pelaksanaan Pilkada. Utamanya dalam pelayanan kk dan ktp, dilakukan jemput bola di setiap SMK dan SMA, dalam hal ini siswa yang berusia 16 mau ke-17 tahun, rata-rata duduk di bangku kelas dua, secara intensif dan terjadwal, dan bekerjasama dengan masing masing UPTD untuk melakukan perekaman ke sekolah-sekolah tersebut.”Kami sedang fokuskan di setiap Sekolah menengah Atas. Untuk pemilih pula kami data. Sehingga pada saatnya nanti mereka berusia 17 data basenya sudah siap,” tutupnya. (ria/bas)

Baca juga:  Matangkan Skema Modal Usaha Perternakan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya