alexametrics

Puluhan Dalang Cilik Beraksi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kabupaten Semarang memberikan fasilitas pentas untuk dalang bocah di Kabupaten Semarang yang diramaikan oleh 27 dalang.

Ketua Pepadi Kabupaten Semarang yang sekaligus ketua panitia pelaksana Festival Dalang Bocah 2019 mengatakan festival digelar karena minat ndalang di Kabupaten Semarang cukup tinggi.

“Di Kabupaten Semarang minat anak-anak untuk ndalang cukup tinggi. Kali ini ada 27 peserta. Paling kecil kelas 2 SD hingga usia 15 tahun. Sehingga ini kami buka fasilitas untuk mereka pentas. Dan kami didukung oleh Kabupaten Semarang untuk mengeluarkan piagam untuk anak-anak,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia menambahkan festival dalang bocah merupakan yang pertama digelar di Kabupaten Semarang. “Ini sekaligus memperingati hari wayang se-dunia besok tanggal 7 November. Semua peran diambil oleh anak-anak mulai dari dalang, sinden hingga kawawitan semua bocah hingga remaja,” tambahnya.

Baca juga:  Bagikan 18 Ribu Paket

Sementara itu Ariswanto Bendahara Festival Dalang Bocah 2019 juga menambahkan satu dalang bocah diberikan waktu 45 menit untuk menyelesaikan satu cerita wayang. Ada 27 cerita wayang, tidak ada cerita yang sama antara pesarta satu dengan yang lain.

Kedepan tidak hanya bocah yang akan dikompetisikan. Tingginya minat nonton wayang di Kabupaten Semarang menjadi landasan memperkuat kegiatan kebudayaan ini terus digelar. “Kedepan nantinya akan ada untuk remaja dan Senior dengan tingkat yang pasti lebih sulit,” timpalnya. (ria/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya