Pemadaman Butuh Waktu 10 Jam

373
KEBAKARAN: Suasana Gunung Telomoyo yang terbakar Jumat (18/10) siang. (MARIA NOVENA/JAWA POS RADAR SEMARANG)
KEBAKARAN: Suasana Gunung Telomoyo yang terbakar Jumat (18/10) siang. (MARIA NOVENA/JAWA POS RADAR SEMARANG)

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Hutan di Gunung Telomoyo kemarin (18/10) siang terbakar. Sekitar 10 jam api belum bisa dipadamkan karna lokasi yang susah terjangkau.
Kepala Resort Pemangku Hutan (RTH) Suyatno di lokasi mengatakan ada tiga titik api yang terlihat. Pemadaman dilakukan dua wilayah dari atas menggunakan damkar dan jalur pendakian dengan alat seadanya.

“Yang terbakar semak-semak, dan rumput. Lokasi memang sulit dijangkau jurang dan terjual kami kesulitan untuk memadamkan. Jalur menuju atas Gunung Telomoyo sengaja ditutup sementara untuk mempercepat pemadaman,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Ia juga menyampaikan ada sekitar 2,5 hektare lahan habis terbakar. Kabut asap dari kebakaran tersebut masuk wilayah desa Pagergeduk kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang mengarah ke Kabupaten Magelang.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Semarang Heru Subroto menyampaikan gunung yang memiliki ketinggian 1.894 mdpl ini sengaja dibakar. Asap mulai muncul diperkirakan pukul 09.15.

“Tadi (kemarin, red) saya mendapatkan data dari lapangan lewat kasi trantib Banyu Biru ada yang melihat wisatawan sengaja membakar. Namun memang masih dilakukan penyelidikan untuk mengungkap kebenarannya,” bebernya.

Ia juga mengatakan titik api dimulai dari sekitar landasan take-off Gantole yang akhirnya menyebar keatas. Kebakaran pun diketahui menyebar hingga kepemancar. “Yang terbakar lahan kering. Dan polsek bantu biru sudah menangani membawa saksi mata untuk dimintakan keterangan terkait kebakaran tersebut,” pungkasnya. (ria/bas)