alexametrics

Rawa Pening Berubah jadi Hamparan Sawah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Musim kemarau yang panjang berimbas pada menurunnya debit air di Rawa Pening. Lahan yang mengering dimanfaatkan warga untuk menanam padi.

Salah satu nelayan Setianto mengatakan untuk panen ikan di musim kemarau tidak memungkinkan. Debit air yang semakin menurun membuatnya dan para nelayan lain menghindari kerugian.

Hal ini sudah biasa dialaminya hanya saja tahun 2019 ini dikatakannya semakin parah. “Untuk budidaya ikan sudah pasti akan rugi,” jelasnya.

Salah satu pedagang di sekitar rawa Tatik Hapsari mengatakan ketika kemarau datang para warga manfaatkan rawa yang mengering untuk persawahan.”Jadi memang tidak banyak yang budidaya ikan di musim kemarau. Justru ditanam padi, nanti mendekati musim hujan panen. Setahun sekali,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Semarang Rabu (16/10).

Baca juga:  Romantisme Eiffel di Rawa Pening

Ia juga menceritakan banyak alat berat yang berdiam di rawa. Warga menilai proyek yang belum selesai menghambat aktivitas warga. “Sudah lumayan lama itu alat beratnya disitu. Katanya mau untuk mengeruk tanah mau dibuat danau buatan dan ada permainan. Tapi, sampai sekarang tidak ada pengerjaan,” ceritanya. (ria/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya