alexametrics

Hutan Kawasan Cagar Budaya Gedung Songo Terbakar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Hutan petak 6 F RPH Lempuyangan BKPH Ambarawa Kawasan Cagar Budaya Gedung Songo, tepatnya di atas candi tiga Gedung Songo,  Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang terbakar, Selasa (17/9) terbakar.

Diduga, kebakaran diduga karena bara api sisa pembakaran arang dan kemenyan yang digunakan untuk ritual orang tidak dikenal tidak dimatikan. Akibat kelalaian itu, api menjalar dan  membakar hutan disekitarnya. Adapun total luas hutan di kawasan petak 6 F RPH Lempuyangan BKPH Ambarawa yang terbakar mencapai dua hektare.

Berdasarkan informasi yang dihimpun menyebutkan, kebakaran awalnya diketahui sekira pukul 05.30. Kebakaran pertama kali diketahui Kepala Resort Pemantauan Hutan Lempuyangan Kirman Waspodo, 54. Pagi itu, dia melihat kepulan asap dari kawasan hutan candi tiga Gedong Songo.

Baca juga:  Terbakar, Ratusan Pendaki Sumbing Dievakuasi

Kemudian Kirman memberitahukan kepada Subur, 39, pemandu wisata yang juga warga Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Bandungan. Selanjutnya Kirman dan Subur naik ke candi tiga untuk mengecek. “Saya naik ke lokasi yang berasap. Ternyata hutan sudah terbakar,” ujar Kirman.

Dalam pemeriksaan lokasi kejadian ditemukan bekas bakaran arang, barang peralatan ritual dan bau kemenyan yang menyengat. Diduga tadi malam ada orang tidak dikenal yang melakukan ritual di hutan tersebut. Setelah selesai orang tersebut pergi dan meninggalkan bara api yang masih menyala. Kemudian bara api membakar rumput kering dan semak belukar dan akhirnya terjadi kebakaran.

Kirman langsung sejumlah instansi terkait dan warga sekitar. Tidak lama kemudian anggota Polsek Bandungan, Polsek Sumowono dan Koramil Ambarawa datang ke lokasi kejadian.
Mereka langsung bergabung dengan warga untuk memadamkan kobaran api dengan menggunakan peralatan seadanya. (sas/bas)

Baca juga:  Curug Semirang Jadi Destinasi Favorit Wisatawan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya