alexametrics

Toyota Tingkatkan Mutu SDM lewat Teaching Factory

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN – Presiden sudah menetapkan pendidikan vokasi atau atau pendidikan yang menunjang pada penguasaan keahlian terapan tertentu untuk menuju Indonesia yang lebih baik terutama dalam menghadapi tantangan di bidang industri. Menjawab tantangan ini sumber daya manusia (SDM) berperan sangat penting.

Hal itu dipaparkan Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Ir Warih Andang Tjahjono pada peresmian teaching factory tata busana dan launching gerakan sekolah menyenangkan (GSM) di SMK 1 Jambu Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang.
Dijelaskan Warih, presiden juga menekankan adanya invesment dan target pertumbuhan ekonomi. “Apa yang memacu meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Defisit perdagangan atau ekspor yang besar? Tentunya kita ingin agar pertumbuhan ekonomi Indonesia semakin meningkat, salah satunya adalah meningkatnya konsumsi atau daya beli masyarakat,” ujarnya didampingi Bob Ajam, direktur administrasi dan external relations PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Baca juga:  Rp 17 Miliar untuk Tata Dusun Krajan

Dicontohkan saat ini di Indonesia kebutuhan akan mobil baru 100 mobil per 1.000 orang, padahal di Thailand sudah 200 mobil per 1.000 orang, sehingga negara Indonesia masih kurang 1 juta unit per tahunnya.  “Bagaimana supaya industri kuat? Maka Indonesia harus menarik investasi yang sebesar-besarnya. Dengan investasi yang besar maka ekspor ada di Indonesia. Bagaimana investasi masuk ke Indonesia maka harus manis cantik menarik. Peraturan harus dikurangi harus cepat dan menarik. Thailand dan Vietnam mereka sudah red carpet bagi investor, dan Indonesia harus gold carpet. Kita harus menjadi negara yang menarik ramah dan pinter harus didukung oleh SDM,” tegasnya.

Sementara itu kepala SMK 1 Jambu Setiyono SP, MPd menuturkan, kegiatan ini bisa semakin meningkatkan pendidikan bagi anak-anak terutama pendidikan karakter. Terlebih dengan adanya gerakan sekolah menyenangkan (GSM) bisa membuat anak lebih bagus dan baik, tidak hanya skill tapi karakter juga bagus. “Kita membutuhkan karakter yang baik, tentunya harus didukung dengan pola hidup yang baik dan sehat. Selain itu keselamatan kerja juga harus diutamakan dalam pendidikan, yakni dengan menyediakan alat safety,” jelasnya.

Baca juga:  Polres Semarang Siapkan Rekayasa Lalu Lintas di Wisata Bandungan

“Selain itu kami juga merintis ruangan khusus latian keamanan di bidang industrial, bagiaman pelatihan memasang tabung gas, memasang jarum jahit, bagaimana anak dibiasakan berjalan di jalur hijau,” imbuh kepala sekolah.

Lebih lanjut Setiyono mengakui bahwa dengan adanya pendampingan dari yayasan Toyota Astra ini mereka terbantu dalam mengimplementasi budaya industri di smk ini. Semua harus dilakukan anak dalam menjaga komitmen dan dilakukan secara berkelanjutan. Kita sinerjikan dengan program gerakan sekolah menyenangkan, lingkungan yang menyenangkan, bersih dan aman. Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Propinsi Jawa Tengah Jumari STP,MSi,  Yang mendukung adanya kerjasama dengan dengan dunia industri, karena kebutuhan pasar yang sangat besar, maka harus ada sinergitas antara dunia usaha dengan sekolah. “Terima kasih kasih kepada Toyota atas bantuannya mulai dari alat hingga magang, sehingga anak-anak kami siap mengisi tenaga industri di Indonesia,” ucapnya. (sas/bis/zal)

Baca juga:  Mobil Hybrid Mulai Dilirik, Ini Alasannya

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya