UMKM Dongkrak Pemulihan Ekonomi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Temanggung jadikan UMKM sebagai salah satu upaya unggulan dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19. Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan (Dinkopdag) Temanggung Entargo Yutri Wardono menuturkan, sedikitnya ada 888 pelaku UMKM di Temanggung.

Mereka memproduksi berbagai macam kebutuhan. Di antaranya, olahan makanan, kerajinan tangan untuk oleh-oleh dan konsumsi harian, kopi, dan lainnya.

Dinkopdag terus melakukan pembinaan kelembagaan dengan membuat koordinator masing-masing kecamatan dan klaster. Selain itu, Dinkopdag juga melaksanakan peningkatan kapasitas SDM dengan berbagai macam pelatihan.

“Kami juga memberikan fasilitasi UMKM dengan toko modern. Produksi dari UMKM banyak juga yang lebih unggul dari yang ada di toko modern. Oleh sebab itu, kita fasilitasi agar mereka memiliki akses yang mudah untuk berjualan di toko modern,” tuturnya Senin (15/8).

Baca juga:  Mau Menenangkan, Spiderman Malah Bikin Anak Menangis

Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyampaikan, pemerintah melakukan dukungan regulasi dan kemudahan berusaha, fasilitasi, pendampingan, akses pembiayaan, kemitraan, dan adaptasi teknologi.

Dia mengatakan, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi UKM RI sedang membangun matchmaking in business melalui platform ASEAN Access. Platform ini untuk mempromosikan perdagangan, memberi penyedia layanan untuk mendaftarkan bisnis mereka secara gratis.

“Dengan platform tersebut, memungkinkan distributor dan agen memasuki pasar yang lebih luas. Dengan platform ini, pelaku UKM dapat memperluas jaringan antar pelaku UKM dan wadah kolaborasi perusahaan global dan multi nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi digital,” jelas bupati. (din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya