Seribu Seniman Siapkan Pawai Seni Merdeka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Kabupaten Temanggung akan menggelar Pawai Seni Merdeka pada Kamis (18/8) pagi. Lebih dari seribu seniman diperkirakan akan terlibat dalam peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini.

Sebanyak 20 kelompok kesenian dari 20 kecamatan akan ikut serta ditambah dua grup yang akan melakukan penampilan spesial. Yaitu, Satria Bumi Phala dan Sanggar Door Anom. Setiap kelompok kesenian beranggotakan 40 hingga 45 orang penari. Ditambah, puluhan niyaga atau pengrawit dalam setiap grup yang disertai pengombyong, serta reog Ponorogo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji menuturkan, Pawai Seni Merdeka dikemas dengan mengedepankan artistik dalam penampilan setiap kelompok kesenian.

Selain itu, pelaku UMKM juga akan menjajakan makanan tradisional khas Temanggung seperti ento cotot, sego jagung, cetil, ndas borok, ndog gludug, dan lainnya. Harapannya, dari acara ini akan mengangkat perekonomian masyarakat. Para penjaja makanan tradisional akan berada di sekitar Alun-alun.

Baca juga:  Tiga Kursi Kepala Dinas Pemkab Temanggung Dilelang

“Pawai dimulai dari depan Telkom Temanggung, sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan ada tempat pertunjukan atau panggung kehormatan di depan BCA,” tuturnya Sabtu (13/8).

Korlap Pawai Seni Merdeka Roy Suroyo menambahkan, Parade Seni Merdeka ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan acara serupa sebelumnya. Kali ini akan menampilkan seluruh kesenian yang ada di Kabupaten Temanggung.

“Selama ini masyarakat lebih banyak mengenali jaran kepang dan topeng ireng. Namun, sesungguhnya ada banyak ragamnya. Temanggung punya wulang sunu, wulang nggato, gatholoco dan lainnya,” jelasnya. (din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya