alexametrics

Korporasi FE Bantu Pasarkan Hasil Panen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Direktur Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementerian Pertanian (HKP) Republik Indonesia Prihasto Setyanto meresmikan Kantor Korporasi Food Estate di Kecamatan Bansari Kabupaten Temanggung Kamis (11/8) sore. Kementerian Pertanian berharap aktifitas petani lebih terorganisir agar mampu memberikan dampak ekonomi yang lebih maksimal.

Program Food Estate (FE) di Kabupaten Temanggung dan Wonosobo diharapkan bisa berhasil. Salah satu upayanya adalah dengan membuka Korporasi FE bernama Koperasi Produsen Tawon Sindoro-Sumbing. Koperasi ini diresmikan secara langsung oleh Dirjen HKP Republik Indonesia Prihasto Setyanto.

Prihasto menuturkan, Korporasi FE diharapkan dapat bermanfaat sebagai pusat untuk mewadahi beragam problematika sektor pertanian. Mulai proses penanaman di area lahan, berapa luasan budidaya, dan bagaimana kesiapan pasar pasca panen. Menurutnya, selama ini petani hanya menanam, namun bingung untuk memasarkan hasil panen.

Baca juga:  Pertengahan Tahun Seluruh SKPD Sudah Tanda Tangani Komitmen

“Dengan terbentuknya Food Estate seperti ini kemasannya jelas. Kemudian kita tinggal siapkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui pihak perbankan,” tuturnya.

Di Wonosobo, Prihasto menjelaskan, potensi pengembangan food estate di Kabupaten Wonosobo juga cukup tinggi. Hamparan lahan pertanian yang ada di kota ini menurutnya sangat layak untuk dikembangkan.

“Hasil pertanian di wilayah ini sangat bagus hasilnya. Ini yang membuat kita (Kementan) mendorong agar program ini bisa terus berjalan,” katanya saat menggelar acara Gelar Karya Food Estate yang berlangsung selama dua hari di Lapangan Desa Menjer, Kecamatan Garung.

Kementan akan mengupayakan program ini berjalan dengan baik. Salah satunya dengan memberikan bantuan kendaraan kepada pemerintah daerah untuk menopang keberlanjutan program yang telah diikuti oleh lima kecamatan di Kabupaten Wonosobo itu.

Baca juga:  Dukung Wisata, Peluang Usaha Carica Menjanjikan

Selain itu, koperasi produsen food estate di Kabupaten Wonosobo juga telah didirikan. Hal ini dilakukan untuk membangun kesadaran dari kelompok tani untuk meningkatkan kapasitasnya. Tercatat ada 26 kelompok tani dari 16 desa di 5 kecamatan yang mengikuti program food estate.

“Melalui program food estate diharapkan mampu meningkatkan produksi dan kemandirian pangan, juga akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani,” ungkap Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat. (git/din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya