alexametrics

Temanggung Miliki 123 Inovasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) menyusun sebuah inovasi pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023. Yaitu Gerakan Pembangunan untuk Peningkatan Kesehatan, Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pemulihan Ekonomi Masyarakat (Gerbang Emas).

Gerbang Emas merupakan kumpulan dari inovasi-inovasi di Kabupaten Temanggung yang dibuat oleh 3 elemen. Perangkat daerah, masyarakat umum, dan pelajar. Kumpulan inovasi ini bergerak di berbagai macam bidang. Di antaranya, kesehatan, ekonomi, pelayanan masyarakat dan lainnya. Pada 2022, dalam kegiatan lomba kreatifitas dan inovasi (krenova) terdapat 123 inovasi. Terdiri dari 55 krenova perangkat daerah, 58 dari masyarakat umum, dan 9 milik pelajar.

Kepala Bappeda Temanggung Dwi Sukarmai menuturkan, faktor utama lahirnya banyak inovasi di Temanggung adalah adanya program satu perangkat daerah satu inovasi. Hal ini berlandaskan pada peraturan daerah (perda) terkait dengan inovasi yang disahkan pada 19 November 2021.

Baca juga:  Disdukcapil Magelang Sempurnakan Layanan Si Bulan

“Satu perangkat daerah satu inovasi merupakan gebrakan inovasi yang cukup menendang,” ujarnya.

Di bidang ekonomi, lahir inovasi training anti gabut, sekolah kopi untuk melestarikan komoditas kopi unggulan Temanggung. Sektor kesehatan ada tongkat penuntun adaptif disabilitas sinorik mata untuk memberikan petunjuk apabila ada daerah berbahaya dengan bunyi alarm, RSUD ramah, guru stunting. Pelayanan masyarakat melahirkan pelayanan pembuatan KTP di desa sehingga tidak perlu ke Disdukcapil dan inovasi lainnya.

“Inovasi-inovasi tersebut telah dikumpulkan, diteliti, dan dimunculkan sehingga lahirlah inovasi Gerbang Emas,” katanya. (din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya