alexametrics

Kolaborasi Wilayah untuk Atasi Banjir Pantura

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) melakukan penelitian kondisi wilayah Sungai Bodri Kuto Sabtu (18/6). Penelitian ini terkait terjadinya banjir rob di kawasan pantai utara (pantura) Jateng akhir-akhir ini.

Pegawai Fungsional Pusdataru Jateng Husna Fauziah menjelaskan, banjir rob di daerah pantura tidak lepas peran dari daerah hulu wilayah Sungai Bodri Kuto di Kabupaten Temanggung. Wilayah Sungai Bodri Kuto meliputi Kabupaten Temanggung di hulu, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, dan bagian hilir di Kabupaten Kendal.

“Selama ini yang sangat merasakan imbasnya di Kabupaten Kendal. Di sana rob dan banjir hampir setiap musim ada. Kami mencoba melakukan pendekatan wilayah sungai bagaimana peran pentahelix (pemerintah, pengusaha, akademisi dan media) apakah sudah ada kolaborasi,” jelasnya.

Baca juga:  PPDB Temanggung Digelar Full Digital

Tim Dinas Pusdataru Jateng melakukan identifikasi di bagian hulu Sungai Bodri Kuto di Kabupaten Temanggung. Hasil identifikasi tersebut nantinya untuk masukan atas proses revisi rencana tata ruang wilayah (RTRW) Provinsi Jateng.

Husna mengatakan, pihaknya perlu melihat bagaimana kolaborasi, integrasi, sinkronisasi, dan sinergitas dari masing-masing pemangku kepentingan baik itu di Kabupaten Temanggung, Kabupaten Semarang, Kota Semarang maupun Kabupaten Kendal.

Misalnya, di bagian hulu di Kabupaten Temanggung apakah sudah melakukan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan konservasi, karena Temanggung merupakan kawasan penyangga. T

emanggung memiliki peran penting menjaga bagaimana air hujan tidak langsung lepas ke sungai sehingga akan menyebabkan permasalahan bencana alam yang ada di Kabupaten Kendal sebagai daerah hilir.

Baca juga:  409 SD, 78 SMP Negeri dan Swasta di Temanggung Siap Gelar PTM

“Kolaborasi sangat penting dalam pengelolaan wilayah sungai,” jelasnya. (din/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya