alexametrics

Pemilu Bahagia 20 Bulan Lagi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) melangsungkan pembukaan tahapan dan program pemilu 2024. KPU Kabupaten Temanggung mengikuti kegiatan tersebut melalui zoom meeting bersama dinas-dinas, partai politik, dan pihak terkait di kantor KPU Temanggung Selasa (14/6) malam.

Ketua KPU Kabupaten Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim menuturkan, kegiatan ini adalah peluncuran tahapan dan program pemilu 2024. Aturan pemilu, tahapan pemilu dimulai 20 bulan sebelum pemungutan suara. Tepat 20 bulan, mulai 14 Juni 2022 sampai 14 Februari 2024.

Tahapan awal adalah verifikasi partai politik. Mekanismenya, KPU menerima pendaftaran partai politik. Partai politik yang sudah mendaftar di KPU RI, akan diverifikasi. “Partai yang tidak lolos di parlemen atau partai baru, kita verifikasi administrasi dan faktual. Kalau yang sudah masuk di parlemen, kita hanya verifikasi administrasi,” jelasnya.Saat ini proses verifikasi masih berada di tingkat KPU RI.

Baca juga:  Tak Bisa Tentukan Harga, Cuaca Pengaruhi Panen

Yusuf mengajak pemilu harus disambut dengan senang suka ria dan gembira. Sebab, esensinya pesta demokrasi. “Pesta itu kan menyenangkan, jadi harapannya semua peserta pemilu, pemilih, apalagi penyelenggara pemilu harus kita sambut dengan bahagia dan gembira. Karena esensi kita, penyelenggara pemilu adalah pesta demokrasi,” jelasnya. (din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya