alexametrics

Tanam 550 Pohon, Tebar 2500 Ikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Ratusan pohon ditanam dan ribuan benih ikan ditebar di wilayah Kabupaten Temanggung. Kegiatan ini sebagai upaya untuk menjaga kelestarian alam di Kali Progo dan kawasan Temanggung lainnya.

“Kita menanam sebanyak 550 bibit pohon, dan tebar benih 2500 ekor ikan. Dominan pohon buah-buahan, variatif, durian, sebagai komoditas unggulan di Temanggung, jambu, dan pohon lindung berbagai jenis,” kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung Hendra Sumaryana dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia di kawasan Taman Kali Progo Temanggung Jumat (10/6).

Bupati Temanggung HM Al Khadziq menuturkan, di Temanggung, para relawan selama ini sudah bergerak dalam penyelamatan lingkungan dengan dua hal utama. Yakni, pengelolaan persampahan secara terpilah dan masif di semua desa, dan penanaman pohon konservasi di tiga gunung, Sumbing, Sindoro, dan Prau.

Baca juga:  Cegah Stunting, Gencarkan Gemarikan

“Kesadaran lingkungan sudah semakin baik dan peringatan hari lingkungan hidup ini sebagai pemantapan agar kita melakukan gerakan penyadaran kepada seluruh masyarakat agar setiap orang bisa menjadi aktor penyelamat lingkungan di masing-masing desa. Bertindak lokal, berpikir global,” tuturnya.

Bupati menambahkan, di Temanggung, sampah masih menjadi masalah. Banyak masyarakat yang belum punya kesadaran untuk memilah sampah, dan masih terbatasnya jumlah tempat-tempat sampah di desa-desa. Sehingga, warga desa membuang sampah belum tentu di tempat sampah, tetapi di lingkungan masing-masing. Pada akhirnya akan mengotori tanah dan sungai serta merusak lingkungan hidup.

“Oleh karena itu, gerakan persampahan yang kita laksanakan secara masif dan terstruktur, kita harapkan nanti, sampah sejak dari rumah bisa terpilah sehingga yang dibuang ke alam semesta ini adalah sampah-sampah organik yang bisa membusuk, tidak menjadi polutan di lingkungan hidup,” tambahnya. (din/ton)

Baca juga:  Lima Desa Gelar Pilkades Antarwaktu

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya