alexametrics

Dusun Ngepoh Temanggung Diresmikan Sebagai Kampung Pancasila

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dusun Ngepoh, Desa Badran, Kecamatan Kranggan, Temanggung diresmikan sebagai Kampung Pancasila Senin (6/6). Dandim 0706/Temanggung Letkol Inf Denver Mica Hariadi Napu menyampaikan, Dusun Ngepoh dipilih karena memiliki kegiatan-kegiatan yang menggambarkan nilai-nilai Pancasila. Diharapkan Dusun Ngepoh bisa menjadi contoh bagi dusun-dusun lainnya.

“Kita lihat untuk kegiatan budaya, tarian, itu juga dapat menggambarkan bagaimana penerapan nilai-nilai saling menghargai satu sama lain maupun toleransi dengan baik,” tuturnya kemarin. Nantinya, di setiap kecamatan minimal ada 1 Kampung Pancasila. Total akan ada 20 kampung. Dusun Ngepoh berada pada urutan ke-9 yang sudah diresmikan.

Nilai-nilai Pancasila seperti musyawarah untuk mufakat akan diterapkan dalam kehidupan di Kampung Pancasila. Juga menerapkan prinsip restorative justice untuk permasalahan pidana ringan.

Baca juga:  Lobi Fraksi Masih Alot

Kepala Desa Badran Nopirmansyah bersyukur wilayahnya terpilih menjadi salah satu Kampung Pancasila. “Di Badran ada 7 masjid dengan latar belakang ormas yang berbeda NU, Muhammadiyah, LDII, dan lainnya. Ada juga (tempat ibadah) dari agama lain,” katanya. (din/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya