alexametrics

Petani Kesulitan Cari Pupuk ZA

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Petani di Temanggung mulai kesulitan mendapatkan pupuk ammonium sulfat atau ZA. Bupati Temanggung HM Al Khadziq meminta kepada distributor agar segera mempercepat distribusi pupuk. Maksimal dalam waktu seminggu, pupuk ZA sudah terdistribusi ke petani di Temanggung.

Khadziq mengatakan, petani kesulitan mendapatkan pupuk ZA dalam beberapa waktu terakhir. Informasi yang diterima, karena keterlambatan transportasi pada libur Lebaran.

Saat ini, libur Lebaran telah usai, sehingga Pemkab Temanggung meminta ada percepatan distribusi dan alokasi pupuk ZA untuk Temanggung. Sebab sangat dibutuhkan untuk pemupukan tanaman tembakau, terutama untuk wilayah lereng gunung atau tegalan.

“Satu minggu atau dua minggu ini paling lama, tembakau harus dipupuk ZA, jika tidak maka akan menurunkan produktivitas tembakau di tahun ini. Ini berkaitan dengan tingkat kesejahteraan petani,” terangnya usai rakor pupuk Senin (23/5).

Baca juga:  Tak Bisa Tentukan Harga, Cuaca Pengaruhi Panen

Disampaikan, ada pergeseran tanam tembakau pada musim tahun ini, maka pemupukan juga bergeser dari April menjadi Mei. PT Pupuk Indonesia Holding Company (PIHC) selaku produsen rupanya masih berpatokan pada jadwal alokasi, yang membuat petani kesulitan mendapatkan ZA.

Perwakilan PIHC untuk Temanggung Firmansyah mengatakan, PIHC tetap berkomitmen mencukupi kebutuhan pupuk di Temanggung, terutama ZA. Adanya tambahan permintaan ZA pada Mei sebanyak 400 ton, sehingga nanti ada surplus.

“Kami sudah kirim sekitar 1.164,9 ton dan kurang 197 ton dan nanti akan dicukupi 400 ton, sehingga Mei ini surplus pupuk Za,” jelasnya. Pihaknya akan mempercepat distribusi pupuk ZA sesuai permintaan dari Pemkab Temanggung, apalagi kini sudah tidak ada kendala lagi dalam transportasi. (din/ton)

Baca juga:  Pembatik Cap di Temanggung Rebut Sertifikasi Kompetensi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya