alexametrics

10.800 Rumah Tangga Didatangi Petugas Sensus

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, TEMANGGUNG – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Temanggung mengadakan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) lanjutan pada 15 Mei sampai 30 Juni 2022.

“Sensus penduduk lanjutan kali ini bersifat sampel. Sehingga tidak semua rumah tangga/penduduk akan didatangi oleh petugas sensus,” jelas Kepala BPS Kabupaten Temanggung Haryono, Jumat (20/5).

Dikatakan, SP2020 lanjutan dilaksanakan untuk mendapatkan informasi mengenai karakteristik penduduk, migrasi. Juga pendidikan dan komunikasi, disabilitas, ketenagakerjaan, fertilitas, mortalitas, dan perumahan.

Survei dilakukan untuk memperkirakan jumlah, distribusi, dan komposisi penduduk. Memperoleh data untuk penghitungan parameter demografi (kelahiran, kematian, dan migrasi), dan sumber data dari indikator angka kematian ibu.

Di Kabupaten Temanggung terdapat sampel 10.800 rumah tangga yang tersebar di 20 kecamatan dan 270 desa/kelurahan yang akan didatangi petugas pendataan lapangan (PPL).

Baca juga:  Pembangunan TPA Baru Tak Perlu Bebaskan Lahan

Pada SP2020 lanjutan ini diterjunkan 195 petugas. Terdiri dari 15 koordinator sensus kecamatan (koseka), 45 koordinator tim (kortim) dan 135petugas pendata lapangan (PPL).

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengajak masyarakat untuk menyukseskan SP2020 lanjutan. “Kepada rumah tangga yang terpilih menjadi sampel, agar menerima dengan baik dan memberikan informasi yang benar dan jujur kepada petugas. Untuk menghasilkan data yang berkualitas,” ujarnya.

Data yang berkualitas kata bupati, sangat berguna bagi perencanaan dan evaluasi pembangunan, untuk Temanggung yang tentrem, marem dan gandem. (din/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya