alexametrics

Indeks Profesionalitas ASN Rendah

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Indeks profesionalitas aparatur sipil negara (IP ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung berada di kategori sangat rendah. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dalam kurun waktu tiga tahun (2019-2021), IP ASN di Temanggung rata-rata hanya sebesar 48,39.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung menargetkan tahun ini IP ASN bisa mencapai angka 90.

Meski target ini terbilang besar, Kepala BKPSDM Temanggung Umi Lestari Nurjanah optimistis angka tersebut bisa tercapai. Sebab, menurutnya, para ASN di Temanggung sebenarnya sudah kuat dari segi kompetensi.

Hanya saja, kompetensi yang mereka dapat dari berbagai pelatihan pengembangan diri yang telah mereka ikuti tersebut belum seluruhnya terinput dalam sistem informasi kepegawaian (Simpeg). Sehingga berdampak pada rendahnya capaian IP ASN.

Baca juga:  PTM di Temanggung Lancar, Kuota Siswa Segera Ditambah

“Dimensi IP ASN ada empat yaitu kualifikasi pendidikan, kompetensi, kinerja, dan disiplin. Nah, yang kompetensi ini yang belum terdeteksi dan ini yang akan kita push,” kata Umi Senin (9/5).

Ia mengimbau seluruh ASN di lingkungan Kabupaten Temanggung untuk melakukan pembaruan data, utamanya tentang sertifikat kompetensi mereka pada Simpeg. Hal ini ditekankan juga dalam SE Bupati tentang pemenuhan data indeks profesionalisme ASN di Pemkab Temanggung.

“Sebagian besar teman-teman ASN sudah melakukan peningkatan kompetensi melalui diklat, workshop, seminar dan sebagainya, namun belum di-update melalui data pegawai,” Umi menekankan.

Lebih lanjut, BKPSDM juga mendorong agar ASN terus meningkatkan kemampuan kompetensi mereka. Pihaknya pun pada tahun ini merencanakan kegiatan tematik coaching mentoring. Kegiatan mentoring dicanangkan untuk peningkatan pencapaian target kinerja masing-masing perangkat daerah dalam lingkup internal. Sedangkan untuk coaching ASN akan digerakkan keluar perangkat daerah. (nan/ton)

Baca juga:  PKB Temanggung Target Tambah Dua Kursi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya