alexametrics

Perluasan TPA Sanggrahan Terkendala Anggaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Rencana Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk memperluas tempat pembuangan akhir (TPA) Sanggrahan kembali terkendala anggaran.

Berdasarkan detail engineering design (DED), perluasan TPA sebesar 2,5 hektare tersebut akan menelan anggaran kurang lebih Rp 45 miliar. Namun. kekuatan APBD Temanggung dinilai belum mampu untuk merealisasikannya tahun ini.

Padahal, umur TPA Sanggrahan sudah habis masa pakainya sejak 2021 lalu. “Jadi posisinya TPA Sanggrahan sudah overload sehingga ini pandai-pandainya teman-teman lapangan untuk menata tumpukan sampah agar tetap bisa menampung volume sampah yang masuk,” ujar Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Temanggung Hendra Sumaryana.

Pihaknya tengah berupaya mengajukan anggaran perluasan TPA kepada pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK) maupun bantuan keuangan (bankeu) Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga:  Pijakan Awal Masuki Dunia Kerja

Ia berharap pengajuan ini bisa disetujui sehingga tahun depan sudah bisa dilakukan perluasan. Sebab, apabila tidak segera diperluas, gunungan sampah yang sudah mulai menumpuk bisa berpotensi menimbulkan permasalahan lingkungan lainnya. Selain itu, jika terus diundur-undur, anggaran perluasan TPA bisa saja membengkak dari tahun ke tahun.

“Lahan perluasan TPA sudah kita beli dari APBD Kabupaten, tinggal biaya pembangunannya saja yang belum. Kalau untuk pembangunan TPA baru di Temanggung utara masih belum jadi, kita masih berkonsentrasi di TPA Sanggarahan,” imbuhnya.

Hendra menambahkan, peran dari para teman pemilah atau pemulung saat ini sangat membantu dalam mengurangi sampah di TPA hingga 30 persen dari sampah harian yang masuk. (nan/ton)

Baca juga:  Serahkan Pengelolaan Empat Tempat Wisata

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya