alexametrics

Sampah Diprediksi 230 Ton per Hari saat Libur Lebaran

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Kabupaten Temanggung memprediksi adanya lonjakan sampah sebanyak dua kali lipat pada momentum Lebaran tahun ini.

Hal ini mengingat adanya kebijakan pemerintah yang memperbolehkan mudik. Bakal ada peningkatan aktivitas masyarakat yang berdampak pada membengkaknya volume sampah yang dihasilkan.

“Kalau rata-rata volume sampah yang masuk TPA Sanggrahan 120 ton perhari, di hitungan kami, selama liburan nanti hampir 200 – 230 ton per hari,” begitu kata Kepala DPRKPLH Temanggung Hendra Sumaryana di kantornya Selasa (26/4) pagi.

Hendra memperkirakan, lonjakan sampah bakal terjadi tepat ketika mamasuki hari pertama cuti bersama Jumat (29/4) mendatang. Puncaknya terjadi saat Lebaran berlangsung dan 3 – 4 hari setelahnya.

Baca juga:  KSP Sido Mukti Makmur Bangkrut, Nasabah Tuntut Tabungan

“Skenario kita lonjakan ini sampai 8 Mei, karena nanti pasti ada peningkatan aktivitas memasak mengingat adanya euforia masyarakat setelah dua tahun sebelumnya off,” imbuhnya.

Antisipasi terkait volume sampah ini, kata Hendra, akan ada 30 armada dan 112 personel yang disiapkan. Terdiri dari tenaga angkut, tenaga kebersihan dan tim pemprosesan sampah di TPA. Para petugas pun diminta kerja lembur dengan mulai bekerja saat malam takbiran.

“Jamnya kita majukan, jadi malam teman-teman sudah bertugas sehingga paginya mereka bisa ikut salat Id dan beribadah. Kemudian keesokan harinya mereka aktif lagi karena sampah tentu sudah membludak,” terangnya.

Hendra mengimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak dalam memasak dan memproduksi sampahnya. Terlebih, ada sekitar 1 juta pemudik yang bakal masuk Temanggung sehingga sampah yang dihasilkan akan meningkat. (nan/ton)

Baca juga:  Tiga Kursi Kepala Dinas Pemkab Temanggung Dilelang

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya