alexametrics

Idul Fitri Diprediksi Serentak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung menyebut bahwa kemungkinan besar hari raya Idul Fitri 2022 akan jatuh dan dilaksanakan secara serentak tanpa adanya potensi perbedaan waktu. Kendati demikian, seluruh umat muslim diminta untuk menunggu keputusan akhir dari pemerintah pusat.

“Kalau masalah kapan jatuhnya hari raya Lebaran tahun 2022 ini, Insy Allah ya, akan berlangsung secara bersamaan tanpa adanya perbedaan waktu dalam pelaksanaannya. Saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar namun perbedaan pelaksanaan Idul Fitri memang beberapa kali berbeda di sejumlah wilayah,” ujar Kasi Bimbingan Masyarakat Islam Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung Munsiri Selasa (26/4).

Lanjutnya, apabila memang jatuhnya Idul Fitri tahun ini berbeda, Kemenag mengimbau agar masing-masing organisasi kemasyarakatan Islam dapat saling menghormati. Sebab semua memiliki pertimbangan hingga keyakinan sendiri terkait masalah penentuan waktu Lebaran.

Baca juga:  Cuaca Tahun Ini Baik untuk Menanam Tembakau

Menurut Munsiri, secara umum umat muslim di Kabupaten Temanggung sudah sangat dewasa dalam masalah sikap toleransi. Salah satunya perbedaan waktu mulainya ibadah puasa Ramadan, dimana tidak ada satupun pihak yang menjadikannya masalah.

“Muslim kita kan sudah dewasa. Semua punya keyakinan masing-masing karena hal yang paling penting sebenarnya adalah esensi ibadahnya, bukan masalah waktunya,” jelasnya. (nan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya