alexametrics

Penggunaan TKA Perlu Diatur Perda

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) DPRD Temanggung menyoroti Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Temanggung tentang Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing (TKA).

Raperda ini dinilai sangat penting karena menyangkut hajat hidup masyarakat dan tata pemerintahan, terutama setelah muncul peraturan-peraturan baru.

Ketua Fraksi Gerindra Andoyo menekankan, penggunaan tenaga kerja asing harus dapat memberikan kontribusi kepada daerah. Kontribusi yang dimaksud Andoyo bukan hanya dari segi produk yang dihasilkan oleh tenaga kerja asing itu sendiri, akan tetapi juga dalam bentuk retribusi yang dikenakan pada saat perpanjangan izin mempekerjakan tenaga kerja asing sebagai salah satu sumber pendapatan daerah (PAD).

“Sudah menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Temanggung untuk menetapkan suatu Peraturan Daerah tentang Retribusi Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang nantinya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor retribusi daerah,” terangnya saat menyampaikan pandangan Fraksi Gerinda dalam rapat peripurna kemarin.

Baca juga:  Ditinggal Beli Obat, Rumah Ludes Terbakar

Bupati Temanggung HM Al Khadziq dalam sidang memang sempat menyebut bahwa ada potensi pemasukan kas daerah dari tenaga kerja asing sekitar Rp 330 juta per tahun. Namun, Khadziq tidak menjelaskannya secara rinci. (nan/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya