alexametrics

Isi Ramadan dengan Tadarus Quran Braille

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Bulan Ramadan dimanfaatkan disabilitas netra untuk tadarus Alquran. Mereka belajar dan membaca Alquran dengan huruf braille. Selepas salat ashar berjamaah, puluhan penerima manfaat disabilitas netra berkumpul di Masjid Al Hidayah kompleks Panti Pelayanan Disabilitas Netra Penganthi Temanggung  dipandu pembimbing. Meski berkebutuhan khusus, lantunan ayat yang dibaca tidak kalah fasih dengan yang normal.

Salah seorang penerima manfaat asal Kabupaten Banjarnegara Suryadi mengaku sudah dua tahun lebih belajar membaca Alquran Braille. Meski belum sepenuhnya lancar, kini ia sudah mulai menguasai bacaan juz 30.

“Sulitnya itu karena harus diraba, jadi kepekaan jarinya harus dilatih terus,” katanya, Senin (4/4).

Tadarus ini sebenarnya dilakukan setiap hari. Namun, saat Ramadan lebih digiatkan lagi.“Di bulan puasa lebih digiatkan, sehabis salat subuh dan asar sambil nunggu buka puasa, kalau malam biasanya sehabis tarawih,” ungkapnya.

Baca juga:  KONI Jateng Sayangkan Praktik Jual Beli Atlet PON

Salah satu pendamping santri tunanetra Sutarmi mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan menambah ketakwaan dan keimanan. “Ramadan adalah bulan penuh pahala, makanya kita giatkan agar pahalanya juga semakin dilipatgandakan,” harapnya.

Diakui, tidak semua penerima maanfaat bisa membaca Alquran Braille. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam waktu yang cukup lama. “Bagi yang belum bisa kita ajari dengan hapalan surat surat pendek,” pungkasnya. (nan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya