alexametrics

Dinkes Temanggung Daftarkan 33 Inovasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung mendaftarkan 33 inovasi pada ajang Krenova tahun ini. Jumlah ini, menurut Kepala Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Temanggung Surip Irianto, merupakan jumlah inovasi paling banyak yang diusung kalangan organisasi perangkat daerah (OPD).

Surip mengatakan, dari tahun ke tahun peserta Krenova meningkat rata-rata per tahun 15 peserta. Dari 35 peserta pada 2021 lalu menjadi 85 peserta dan pada tahun ini. Ia menekankan bahwa penilaian dari Krenova adalah keaslian atau originalitas, belum pernah dipubilikasi secara umum, ada sifat pembaruan atau bisa diterapkan di masyarakat.

Plt Kepala Dinas Kesehatah Temanggung Dwi Sukarmei menyampaikan, 33 inovasi yang didaftarkan tersebut sudah diterapkan di tiap-tiap puskesmas dan mendapat respon positif masyarakat. Hal ini demi menjawab kebutuhan masayrakat terkait pelayanan di bidang kesehatan.

Baca juga:  Petugas Damkar Butuh Waktu Enam Jam Padamkan Api

“Inovasi-inovasi yang kami lakukan terbukti menambah indeks kepuasan masyarakat (IKM) terhdap Dinas Kesehatan menjadi 87,04 pada 2021. Harapan kami dengan adanya inovasi ini, pelayanan masyarakat lebih meningkat dan lebih meningkat lagi,” katanya Minggu (3/4).

Ia menyebut, di antara inovasi yang didaftarkan yakni Batik Tulis (basmi jentik dan tuberkolusis) dari Puskesmas Temanggung, Pikat DJ (pendampingan melekat pasien gangguan jiwa) dari Puskesmas Kranggan dan Ketan Isi Sak Ceting (kesehatan tradisional gizi pemberdayaan masyarakat bersama cegah stunting) dari Puskesmas Pare. (nan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya