alexametrics

Diduga Korupsi Rp 476 Juta, Mantan Direktur PD Aneka Usaha Ditahan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Kejaksaan Negeri (Kejari) Temanggung menahan MZ, tersangka dugaan korupsi keuangan PD Aneka Usaha tahun anggaran 2018-2021. Tersangka ditahan mulai 28 Maret – 16 april 2022 di rutan Polres Temanggung.

Tersangka MZ saat itu menjabat sebagai Direktur PD Aneka Usaha. Dalam kurun waktu 2018-2021, MZ diduga menggunakan keuangan perusahan untuk kepentingan pribadi tanpa sepengetahuan dewan pengawas. Setelah diaudit oleh Inspektorat Kabupaten Temanggung, jumlah kerugian negara sebesar Rp 476.347.000.

“Kami telah melakukan penyitaan atas uang yang dititipkan tersangka MZ kepada tim penyidik Kejaksaan Negeri Temanggung Rp 350 juta. Uang tersebut sesuai dengan SOP kami. Kami titipkan ke rekening Kejari Temanggung sebagai barang bukti,” terang Kepala Kejaksaan Negeri Temanggung I Wayan Eka Miartha dalam keterangan persnya, Kamis (31/3).

Baca juga:  Patroli Digiatkan, Kriminalitas Mampu Diungkap

Ketika ditanya modus korupsi yang dilakukan tersangka, Eka mengatakan perkara ini masih dalam ranah penyidikan. Sehingga untuk keterangan yang lebih spesifik baru bisa diberikan saat perkara tersangka sudah dilimpahkan ke pengadilan tipikor. Begitu juga saat disinggung terkait kemungkinan adanya tersangka lain.

Dalam waktu dekat, tim penyidik Kejari Temanggung akan segera melimpahkan perkara ini ke Pengadilan Negeri Tipikor Semarang untuk proses persidangan. MZ disangkakan pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi dengan hukuman penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp 1 miliar. (nan/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya