alexametrics

Masih Bisa Vaksin Saat Ramadan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Masyarakat Kabupaten Temanggung masih bisa melaksanakan vaksinasi Covid-19 saat Ramadan atau ketika sedang berpuasa. Dinas Kesehatan setempat terus membuka pelayanan vaksinasi di setiap puskesmas.

Dari target 624.346 orang, hingga saat ini cakupan vaksinasi Covid-19 di Temanggung untuk dosis pertama sudah sebanyak 91,32 persen, dosis kedua 82,68 persen, sedangkan dosis ketiga sebanyak 7,29 persen.

Sasaran vaksinasi selama Ramadan ini adalah mereka yang sudah mendapat dosis pertama sebelum Ramadhan. Bahkan, sasaran yang terus digenjot adalah warga yang belum melakukan vaksin booster atau penguat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, bagi masyarakat yang berpuasa diharapkan sahur dengan makanan yang bergizi seimbang sebelum ikut vaksinasi. Tak lupa beristirahat yang cukup. Hal itu agar kondisi tubuh tetap bugar dan terjaga meski sedang berpuasa. Selain itu juga menghindari kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI).

Baca juga:  Pembangunan Sasana Budaya Bhumi Phala Digelontor Rp 10,8 M

Ia juga menekankan bahwa melakukan vaksin saat sedang berpuasa tidak membatalkan puasa sesuai edaran yang sudah dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia (MUI). “Ramadan ini kami tetap melakukan vaksinasi seperti tahun kemarin, silakan masyarakat bisa datang ke puskesmas-puskesmas terdekat. Karena nanti sedang berpuasa usahakan sahur dulu dengan makanan yang sehat,” katanya Rabu (30/3). (nan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya