alexametrics

Cuaca Tahun Ini Baik untuk Menanam Tembakau

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Badan Meteorologi Klimatologi Dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Jawa Tengah memprediksikan cuaca tahun ini akan lebih bersahabat untuk musim tanam tembakau dibanding tahun lalu. Pasalnya, tahun ini curah hujan akan jauh lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

BMKG juga memprediksi ENSO (El Nino dan La Nina) berada dalam kondisi netral. “Kondisi siklon tropis saat ini sedang mendekati Australia namun tidak berpengaruh banyak pada kondisi di Indonesia termasuk Temanggung,” terang Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Jawa Tengah Sukasno Kamis (24/3).

Lebih lanjut ia menjelaskan, posisi La Nina tahun ini hanya akan terjadi pada Januari hingga Februari. Sedangkan Maret dan April, yang bertepatan dengan musim tanam tembakau, sudah dalam posisi netral tanpa La Nina. “Paling tidak faktor pengendali musim dari La Nina maupun El Nino bisa kita abaikan tahun ini, tinggal kita memperhatikan potensi hujan hariannya,” jelasnya.

Baca juga:  Lokasi Galian C akan Ditata Ulang

Sukisno memprediksi, puncak musim kemarau di Kabupaten Temanggung akan terjadi pada Juni hingga September. Meski demikian, pada musim kemarau tahun ini masih bisa berpotensi hujan dengan intensitas ringan.

“Adapun curah hujannya sekitar 200-300mm/bulan. Sementara itu, puncak musim kemarau untuk Temanggung dimulai pada Juli hingga September. Panjang musim kemarau kurang lebih 120-150 hari. Musim kemarau tahun ini tidak otomatis tidak terjadi hujan sama sekali, karena definisi kemarau di kami jika dalam satu dasarian curah hujannya tidak melebihi 50mm,” terangnya

Meski dipredisikan curah hujan akan berkurang dalam tahun ini, namum BMKG berharap agar para petani terus memperbarui informasi cuaca harian untuk digunakan sebagai pertimbangan dalam memproduksi tembakau. (nan/ton)

Baca juga:  Masih Bisa Vaksin Saat Ramadan

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya