alexametrics

DPRD Temanggung Serahkan Sejumlah Rekomendasi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Temanggung memberikan sejumlah rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Temanggung 2021. Hal itu untuk menjadi masukan arah kebijakan selanjutnya bagi pemerintah daerah agar lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Rekomendasi tersebut antara lain, terkait capaian indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Temanggung yang baru tercapai 69,88 persen. Jumlah ini layak menjadi perhatian serius lantaran capaiannya masih di bawah 70 persen.

“Pemerintah Daerah perlu membuat kebijakan yang lebih kreatif untuk percepatan capaian IPM sehingga kualitas SDM masyarakat Kabupaten Temanggung tidak terlalu jauh mutunya dengan daerah sekitar dan disparitasnya tidak terlalu jauh,” terang Sekretaris Pansus DPRD Temanggung Rohmad Fauzi saat membacakan laporan Pansus DPRD, terkait pembahasan LKPJ Bupati Temanggung 2021, dan penyampaian rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Bupati Temanggung Tahun 2021 Kamis (17/3).

Baca juga:  Damkar Temanggung Kekurangan Personel

Pada paripurna tersebut, DPRD juga mengapresiasi berbagai capaian antara lain, indikator makro ekonomi dan kesejahteraan sosial pada 2020 meski sangat terpengaruh oleh pandemi Covid-19. Namun, 2021 pelan-pelan telah mulai pulih kembali, bahkan telah tumbuh positif 3,34 persen.

Tingkat pengangguran terbuka turun 1,23 persen dibanding tahun sebelumnya 2,62 persen dan 3,8 persen. Realisasi pendapatan daerah tahun 2021 melampaui target sebesar Rp87,339 miliar atau terealisasi sebesar 104,6 persen dari target pendapatan yang ditetapkan dalam APBD Perubahan 2021.

Menyikapi hal ini, Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyatakan bahwa rekomendasi ini akan dipelajari dan menjadi acuan dalam penyusunan perencanaan tahun berjalan dan tahun berikutnya, penyusunan penganggaran tahun berjalan dan tahun berikutnya, serta penyusunan kebijakan strategis kepala daerah. (nan/ton)

Baca juga:  Jelang Ramadan, Penjulalan Bunga Meningkat

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya