alexametrics

Temanggung Siap Jadi Wisata Penunjang Borobudur

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pemerintah Kabupaten Temanggung bersiap melakukan pengembangan sektor pariwisata di daerahnya sebagai penunjang kawasan super prioritas Borobudur.

Hal ini diwujudkan dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOP) di Pasar Papringan yang disaksikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno Minggu (13/3).

Adapun beberapa poin yang termaktum dalam nota kesepahaman ini meliputi perencanaan dan implementasi program pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, pekerjaan umum, pertanahan dan tata ruang, usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), perdagangan dan perindustrian, kebudayaan, pemberdayaan masyarakat, kesehatan dan ketenagakerjaan.

Dirut BPOP Indah Juanita mengakui, Kabupaten Temanggung memiliki potensi wisata yang bisa menjadi penunjang pariwisata di wilayah sekitar Borobudur. Penandatangan nota kesepahaman ini dapat memperkuat koordinasi dan sinergi kebijakan dalam rangka percepatan pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Temanggung dan kawasan Pariwisata Borobudur.

Baca juga:  Naik Level 3, Pemkab Temanggung Ajukan Dispensasi ke Mendagri

Sementara Bupati Temanggung HM Al Khadziq menyatakan kesiapannya dalam mendukung program-program pemerintah pusat khususnya dalam menciptakan destinasi-destinasi wisata baru. Dengan begitu, katanya, akan banyak wisatawan yang datang ke Temanggung dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

“Masyarakat kita adalah masyarakat yang kreatif, hal ini terpancar dari destinasi wisatanya yang kreatif juga. Kita punya alam yang luar biasa indah, tetapi kalau tidak disentuh dengan kreatifitas tidak akan jadi sesuatu, sebagai contoh Pasar Papringan ini,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Menparekraf Sandiaga Uno mengakui bahwa Pasar Papringan ini merupakan destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Bukan hanya berhasil membuka tempat wisata, tetapi juga membuka lapangan kerja dan pemberdayaan masyarakat setempat yang ada di dalamnya sehingga bisa menjadi inovasi dan inspirasi tatanan pariwisata baru.

Baca juga:  Petugas Puskesmas Pringsurat Jemput Bola Vaksinasi ODGJ

Ia berharap, masyarakat kreatif yang ada di Temanggung bisa memunculkan wisata-wisata unik lainnya. “Kami harap Temanggung bisa menjadi episentrum event-event yang kita akan selenggarakan,” tandasnya. (nan/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya