alexametrics

Siswa SMK Ikut Kerjakan Animasi Malaysia

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Karya animasi dari siswa SMK Bhumi Phala Parakan diakui dunia internasional. Hal ini dibuktikan dengan keterlibatannya dalam sebuah proyek pengerjaan animasi berjudul “Kunci Galaksi” dengan salah satu stasiun televisi besar di Malaysia, Serawak TV.

Ini merupakan kali ketiga karya siswa-siswi SMK Bhumi Phala setelah bekerjasama dengan Animasi Silver Corp Singapura pada 2016 dan Radio Televisi Malaysia pada 2018. Kepala SMK Bhumi Phala Slamet Purwanto menjelaskan, teknis kerjasama dengan pengerjaan project film animasi ‘Kunci Galaksi’ ini merupakan hasil dari seleksi ketat dari Funymotion Studio Jogjakarta sebagai rekanan dalam proyek tersebut. Nota kesepahaman untuk menggarap proyek ini telah ditandatangani, Selasa (8/2).

Baca juga:  BBPRSPDI Kartini Terima Disabilitas Fisik

“Dari kami terlibat dalam pengerjaan bagian colouring-nya, ini hanya awalan saja. Karena ke depan kami mau membuat sendiri dengan konten yang berasal dari kearifan lokal Temanggung,” katanya. Ada 16 siswa yang terlibat secara langsung dalam proyek berstandar internasional ini.

Perwakilan dari Funymotion Studio Jogjakarta Susilo Nurwanto mengungkapkan, SMK Bhumi Phala merupakan satu-satunya sekolah yang punya jurusan multimedia dengan konsentrasi pada dunia animasi yang sudah diajak kerjasama oleh pihaknya sejak 2016 silam. “Jadi memang sudah cukup lama dan cukup tahu kualitas anak-anak dan guru pendamping dalam membuat animasi,” katanya.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq mengapresiasi anak-anak SMK Bhumi Phala yang mempunyai kemampuan dalam memproduksi film animasi yang sudah berstandar industri dan komersial. Ia mendorong agar anak-anak yang lain di Temanggung bisa terus berkarya dan terlibat dalam ekonomi kretaif digital.

Baca juga:  Mendirikan Ponpes Butuh Ikhtiar Batin

Sementara Ilham Syafudin, salah satu siswa yang terlibat dalam pengerjaan proyek ini mengaku bangga dan senang sebab tidak semua siswa berkesempatan terlibat dalam proyek ini. “Senang dan bangga karena nanti juga bisa belajar banyak hal,” tandasnya. (nan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya