alexametrics

Target PBB Temanggung Rp 25 Miliar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak bumi dan bangunan (PBB) Kabupaten Temanggung tahun ini ditargetkan sebanyak Rp 25 miliar. Jumlah ini naik sekitar Rp 10 miliar dari target tahun lalu yang realisasinya mencapai 100 persen sebesar Rp 15 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Temanggung Tri Winarno mengatakan, target PBB sebesar Rp 25 miliar ini terdistribusi dalam 612.000 surat pemberitahuan pajak terutang (SPPT) yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Temanggung.

“Memasuki bulan kedua ini Alhamdulillah sudah ada beberapa desa yang sudah lunas PBB-nya. Yaitu Desa Langgeng, Kupen dan Tlogo dengan nilai pajak sekitar Rp 1,7 miliar,” katanya.

Baca juga:  Semua Pintu Masuk Temanggung Dijaga Ketat

Tri menuturkan, PPB di Kabupaten Temanggung sudah mulai naik kelas pada 2020 lalu yang konsepnya naik 7 kelas. Namun, karena pandemic, konsep penghitungannya jadi tetap, sehingga pelaksanaannya bertahap. Pada 2020 ada diskon 50 persen, kemudian 2021 diskon 40 persen.

“Kemudian tahun 2022 ini hitung-hitungannya hanya memberikan diskon 5 persen. Jadi tahun 2022 bisa dikatakan titik nol dilaksanakan naik 7 kelas, karena diskon 5 persen tidak begitu signifikan,” katanya.

Ia menyampaikan salah satu upaya yang dilakukan agar pembayaran PBB bisa optimal, yaitu dengan membagikan SPPT lebih awal. Melalui kerja sama dengan kecamatan dan desa paling lambat pada 31 Januari 2022 SPPT sudah terdistribusi di wajib pajak. (nan/ton)

Baca juga:  Waspadai Botoh Pilkades Serentak di Temanggung

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya