alexametrics

Pendakian Gunung Sindoro Belum Dibuka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Sudah sekitar 20 hari kegiatan pendakian Gunung Sindoro via Kledung (Basecamp Grasindo) ditutup. Hingga saat ini pembukaan kembali jalur pendakian belum bisa ditentukan. Hal ini dikarenakan kondisi cuaca yang semakin memburuk yang dapat mengancam keselamatan pengunjung atau pendaki.

Ketua Gabungan Remaja Anak Sindoro (Grasindo) Riyan Indra Paryudha dalam keterangan tertulisnya mengatakan, penutupan kegiatan pendakian sejak 3 Januari 2022 ini juga dimaksudkan untuk pemulihan atau revitalisasi ekosistem di sepanjang jalur pendakian.

Ini sebagai upaya menjaga dan memelihara keanekaragaman jenis tumbuhan, satwa dan ekosistem di kawasan Gunung Sindoro.

“Kegiatan pendakian baru bisa dibuka setelah ada pemberitahuan selanjutnya, menunggu kondisi cuaca yang lebih kondusif demi keselamatan bersama,” terangnya.

Baca juga:  Raperda Cagar Budaya Jadi Payung Hukum

Sementara Arifin, salah seorang pengurus Grasindo menuturkan, untuk mengisi kegiatan selama penutupan pendakian. Kegiatan basecamp dialihkan untuk kegiatan konservasi. “Pendakian ditutup sejak awal bulan karena kita fokus di persiapan konservasi. Jadinya teman-teman yang mau mendaki kita alihkan dulu untuk konservasi,” katanya Minggu (23/1).

Arifin menekankan, penutupan kegiatan pendakian sejak awal tahun memang rutin dilakukan di Basecamp Grasindo. Hal ini lantaran pada bulan-bulan tersebut, kondisi cuaca sedang tidak bersahabat dan sangat tidak direkomendasikan melakukan pendakian. “Keinginan yang mau naik memang banyak, cuma kita buka tetap menunggu cuaca baik dulu, karena sekarang terlalu berisiko,” jelasnya. (nan/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya