alexametrics

Paket Wisata Gerakkan Perekonomian Bansari Temanggung

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Paket perjalanan wisata lokal Eling Bansari bisa dinikmati wisatawan mulai awal tahun ini. Model pariwisata berbasis alam pedesaan ini, pengunjung bisa menikmati ragam wisata di Kecamatan Bansari. Baik wisata alam, kuliner maupun budaya selama sehari penuh.

Beberapa destinasi yang dikemas untuk perjalanan wisata lokal tersebut adalah Embung Bansari, Pasar Desa Srikandi, Bumi Ciblon Lestari Tlogowiro, wisata air Rejosari, pos pendakian Gunung Sindoro via Dempul, food estate. Kemudian taman bermain Desa Tanurejo, mata air Si Dengok Mranggen Kidul. Serta kuliner sambel bumbu pawon Mbok Citro Mranggen Tengah.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Temanggung Saltiyono Atmaji mengatakan, konsep wisata terpadu ini bisa terwujud atas komitmen Forkompimcam Bansari dan seluruh kepala desa setempat. Untuk mengembangkan potensi wisata di desa masing-masing.

Baca juga:  Izin Keramaian di Temanggung Diperketat

“Dalam upaya pengembangan kawasan wiata Bansari digerakkan kelompok sadar wisata di desa wisata agar terus berbenah. Baik secara mandiri swadaya masyarakat maupun melalui dana APBDes. Sejalan dengan program nasional pariwisata berbasis masyarakat,” katanya.

Saltiyino mengungkapkan, sejak diresmikan, Embung Bansari semakin dikenal. Maka, dengan memberdayakan dan mengoneksikan embung dengan pariwisata atau potensi yang berada di lokal sekitar Bansari diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Baik melalui kuliner maupun seni budaya sebagai sajian pendukung.

“Dari Dinbudpar kita  akan ikut juga memberdayakan potensi lokal. Baik UMKM dan ekonomi kreatifnya. Kita akan berdayakan bisa dengan membuat oleh-oleh menyajikan kuliner maupun cenderamata khas dari Bansari. Sehingga bisa menaikkan daya kreasi masyarakat di bidang ekonomi,” tandasnya. (nan/lis)

Baca juga:  Festival Kuliner Hadirkan Nufi Wardhana

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya