alexametrics

Proyek Senilai Rp 221 Miliar di Temanggung Diresmikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Temanggung – Selama 2021, terdapat 473 proyek pembangunan di Kabupaten Temanggung. Proyek di bidang pendidikan, kesehatan maupun perbaikan infrastruktur ini total nilainya mencapai Rp 221,4 miliar.

Bupati Temanggung HM Al Khadziq secara simbolis meresmikan 3 paket pembangunan puskesmas, 1 paket laboratorium kesehatan daerah, 1 paket pengembangan instalasi bedah RSUD, 1 paket revitalisasi SMPN 1 Bulu dan 5 paket pelebaran jalan bertempat di Puskesmas Bulu Selasa (11/1).

Khadziq mengatakan, pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur jalan sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga, berbagai proyek pembangunan 2021 ini, katannya, merupakan capaian yang sangat baik dan patut disyukuri.

“Di tengah pandemi Covid-19 Kabuapten Temanggung masih mampu membangun fasilitas-fasilitas umum dan gedung-gedung untuk fasilitas kesehatan dan pembangunan jalan untuk mendukung aktivitas ekonomi dan pariwisata. Ini sangat luar biasa sekali,” tuturnya.

Baca juga:  Pemkab Temanggung Kejar Target 70 Persen Vaksinasi

Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) di Jalan Suwandi Suwardi yang kemarin diresmikan bisa melakukan berbagai pemeriksaan. Menurut Kepala UPTD Labkesda Temanggung Aris Priyanto, laboratorium yang dibangun dengan anggaran Rp 2,4 miliar ini memiliki beberapa fasilitas.

Di antaranya pemeriksaan kualitas air, pemeriksaan kualitas makanan, dan juga swab, baik itu PCR maupun antigen. Saat ini, Labkesda Temanggung juga dilengkapi instalasi pengolahan air limbah atau IPAL.

“Untuk saat ini, baru bisa untuk pemeriksaan air, makanan dan minuman, serta PCR, namun ke depan fasilitas akan terus ditambah, seperti pemeriksaan haji, sampel restoran, cek urine dan lain lain,” terangnya.

Aris menambahkan, keberadaan Labkesda ini akan semakin mempercepat untuk mengetahui hasil uji laboratorium. Seperti jika ada keracunan makanan atau minuman, tidak perlu ke laboratorium di daerah lain, bisa dilakukan uji lab di sini dan hasilnya pun akan lebih cepat diketahui.

Baca juga:  Targetkan 2.076 Akseptor Baru

Sekda Temanggung Hary Agung Prabowo menyambut positif adanya Labkesda di Kabupaten Temanggung. Harapannya Labkesda ini bisa membantu pelayanan masyarakat Kabupaten Temanggung, khususnya di bidang kesehatan.

“Bangunan dan fasilitasnya cukup bagus, semoga juga pelayanan kepada masyarakat juga meningkat, ke depan fasilitasnya akan terus ditambah agar lebih komplit dan jauh lebih modern,” jelasnya. (nan/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya